Proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai siswa dengan kriteria tertentu.
Fungsi Penilaian Hasil Belajar
• Alat untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran
• Umpan balik bagi perbaikan proses belajar mengajar
• Dasar dalam menyusun laporan kemajuan belajar siswa kepada orang tuanya
Tujuan penilaian Hasil Belajar
• Mendeskripsikan kecakapan belajar para siswa sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangannya dalam berbagai bidang studi.
• Mengetahui keberhasilan proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
• Menentukan tindak lanjut hasil penilaian
• Memberikan pertanggungjawaban dari pihak sekolah kepada pihak yang berkepentingan
Prinsip Penilaian Hasil Belajar
a. Penilaian hasil belajar hendaknya menjadi bagian integral dari proses pembelajaran.
b. Penilaian hasil belajar hendaknya dirancang dengan jelas kemampuan apa yang harus dinilai
c. Penilaian harus dilaksanakan secara komprehensif
d. Alat penilaian harus valid dan reliable
e. Penilaian hasil belajar hendaknya diikuti dengan tindak lanjut
f. Penilaian hasil belajar harus objektif
Jenis Penilaian
1. Penilaian Formatif
Penilaian pada saat berlangsung proses pembelajaran
2. Penilaian Sumatif
Penilaian pada akhir unit program
3. Penilaian Diagnostik
Penilaian untuk melihat kelemahan siswa
4. Penilaian Selektif
Penilaian untuk keperluan seleksi
5. Penilaian Penempatan
Penilaian untuk mengetahui keterampilan prasyarat
Standar Penilaian
Standar Penilaian hasil belajar pada umumnya dibedakan dalam 2 yakni ;
1. Penilaian Acuan Norma (PAN)
PAN adalah penilaian yang menggunakan acuan pada rata-rata kelompok
2. Penilaian Acuan Patokan (PAP)
PAP adalah penilaian yang menggunakan acuan pada tujuan pembelajaran
Ranah Penilaian Hasil Belajar
1. Ranah Kognitif
a.Tipe hasil belajar pengetahuan
b.Tipe hasil belajar pemahaman
c.Tipe hasil belajar aplikasi
d.Tipe hasil belajar analisis
e.Tipe hasil belajar sintesis
f.Tipe hasil belajar evaluasi
2. Ranah Afektif
a.Recifing : kepekaan dalam menerima rangsangan dari luar
b.Responding : reaksi yang diberikan oleh sesorang terhadap stimulus yang dating
c.Valuing : nilai atau kepercayaan
d.Organisasi : pengembangan dari nilai dalam sistem organisasi
e.Internalisasi nilai : keterpaduan semua sistem nilai
3. Ranah Psikomotor
a.Gerak rileks
b.Keterampilan pada gerakan dasar
c. Kemampuan perseptual
d.Kemampuan di bidang fisik
e.Gerak-gerak skill
f.Kemampuan yang berkenaan dengan komunikasi
disampaikan oleh Dra. Nelda Azhar
Mata Kuliah MMK2 Pend. Teknik Informatika S1 UNP
No comments:
Post a Comment