Monday, February 13, 2012

PENILAIAN HASIL BELAJAR

    Pengertian
    Proses pemberian nilai terhadap hasil-hasil belajar yang dicapai siswa dengan kriteria tertentu.

    Fungsi Penilaian Hasil Belajar
    • Alat untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran
    • Umpan balik bagi perbaikan proses belajar mengajar
    • Dasar dalam menyusun laporan kemajuan belajar siswa kepada orang tuanya


    Tujuan penilaian Hasil Belajar
    • Mendeskripsikan kecakapan belajar para siswa sehingga dapat diketahui kelebihan dan       kekurangannya dalam berbagai bidang studi.
    • Mengetahui keberhasilan proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah.
    • Menentukan tindak lanjut hasil penilaian
    • Memberikan pertanggungjawaban dari pihak sekolah kepada pihak yang berkepentingan

    Prinsip Penilaian Hasil Belajar
    a. Penilaian hasil belajar hendaknya menjadi bagian integral dari proses pembelajaran.
    b. Penilaian hasil belajar hendaknya dirancang dengan jelas kemampuan apa yang harus dinilai
    c. Penilaian harus dilaksanakan secara komprehensif
    d. Alat penilaian harus valid dan reliable
    e. Penilaian hasil belajar hendaknya diikuti dengan tindak lanjut
    f. Penilaian hasil belajar harus objektif

    Jenis Penilaian
     1. Penilaian Formatif
       Penilaian pada saat berlangsung proses pembelajaran
    2. Penilaian Sumatif
       Penilaian pada akhir unit program
    3. Penilaian Diagnostik
       Penilaian untuk melihat kelemahan siswa
    4. Penilaian Selektif
       Penilaian untuk keperluan seleksi
    5. Penilaian Penempatan
       Penilaian untuk mengetahui keterampilan prasyarat

    Standar Penilaian
    Standar Penilaian hasil belajar pada umumnya dibedakan dalam 2 yakni ;
    1. Penilaian Acuan Norma (PAN)
       PAN adalah penilaian yang menggunakan acuan pada rata-rata kelompok
    2. Penilaian Acuan Patokan (PAP)
       PAP adalah penilaian yang menggunakan acuan pada tujuan pembelajaran

    Ranah Penilaian Hasil Belajar
    1. Ranah Kognitif
      a.Tipe hasil belajar pengetahuan
      b.Tipe hasil belajar pemahaman
      c.Tipe hasil belajar aplikasi
      d.Tipe hasil belajar analisis
      e.Tipe hasil belajar sintesis
      f.Tipe hasil belajar evaluasi
    2. Ranah Afektif
      a.Recifing : kepekaan dalam menerima rangsangan dari luar
      b.Responding : reaksi yang diberikan oleh sesorang terhadap stimulus yang dating
      c.Valuing : nilai atau kepercayaan
      d.Organisasi : pengembangan dari nilai dalam sistem organisasi
      e.Internalisasi nilai : keterpaduan semua sistem nilai
    3. Ranah Psikomotor
      a.Gerak rileks
      b.Keterampilan pada gerakan dasar
      c. Kemampuan perseptual
      d.Kemampuan di bidang fisik
      e.Gerak-gerak skill
      f.Kemampuan yang berkenaan dengan komunikasi

disampaikan oleh Dra. Nelda Azhar
Mata Kuliah MMK2 Pend. Teknik Informatika S1 UNP

No comments:

Post a Comment

Buku Saku 'ISI PIRINGKU' - Health Promoting University (UGM)

Isi Piringku: Investasikan Kesehatanmu untuk Hari Tua Buku Saku ini bertujuan mengkampanyekan pola makan sehat dengan pemenuhan gizi seimban...