· Menerapkan 7 prinsip pengembangan KTSP
· Menyusun silabus untuk mata pelajaran yang diajarkan
· Menyusun RPP untuk mata pelajran yang diajarkan
PRINSIP PENGEMBANGAN KTSP
1. Berpusat pada potensi, perkembangan kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2. Beragam terpadu.
3. Tanggap terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Seni.
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan.
6. Belajar sepanjang hayat.
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
PENGEMBANGAN SILABUS
1. Pengertian SIlabus
Silabus adalah rencana pembelajaran satu mata pelajaran atau tema tertentu untuk satu semester.
2. Taksonomi Hasil Belajar
Hasil Belajar dikelompokkan ke dalam tiga kawasan (domain) yaitu:
a. Kognitif
b.Afektif
c. Psikomotor
3. Tujuan Instruksional
Tujuan Instruksional adalah pernyataan/ rumusan tentang apa yang akan dicapai peserta didika dalam pembelajaran.
4. Perumusan Kompetensi
Ada 2 tingkat kompetensi :
a. Standar Kompetensi (SK)
SK adalah kemampuan yang akan dikuasai peserta didik setelah mempelajari satu mata pelajaran.
b. Kompetensi Dasar (KD)
KD adalah sub-sub dari kompetensi
Komponen-komponen SK adalah :
a. Peserta didik (audience = A)
b. Perilaku (behavior = B)
Sebagai hasil belajar terdiri dari kata kerja operasional dan objek atau materi yang dipelajari
Komponen KD adalah :
a. Peserta DIdik (audience = A)
b. Perilaku (behavior = B)
c. Persyaratan untuk kerja (Condition = C)
d. Kriteria untuk kerja (criterion/ degree = D)
5. Komponen dan Format Silabus
Komponen Silabus:
a. Identitas
b. Kompetensi
c. Indikator
d. Materi Pembelajaran
e. Kegiatan pembelajaran
f. Penilaian
g. Alokasi waktu
h. Sumber belajar
disampaikan oleh Dra. Nelda Azhar
Mata Kuliah MMK2 Pend. Teknik Informatika S1 UNP
No comments:
Post a Comment